Tempat Wisata di Magelang Selain Borobudur

Sunday, December 13th 2015. | Wisata

Tempat Wisata di Magelang Selain Borobudur – Membahas tentang wilayah Magelang, sepertinya telah terkenal di seluruh penjuru nusantara bahwa wilayah ini memiliki candi megah yaitu Candi Borobudur yang dikenal sebagai salah satu ikon negara kita ini. Tapi trnyata bukan hanya Candi Borobudur saja objek wisata yang ada di wilayah Magelang. Bahkan terdapat masih banyak lagi, yang mungkin jarang diketahui pengunjung wisata. Dan jika dikunjungi tenunya kita akan merasakan atmosfer yang berbeda, karena yang mulanya hanya tahu destinasi Candi Borobudur, kini telah mengetahui destinasi yang lebih banyak selain Candi megah itu.

Magelang juga merupakan wilayah dengan sejuta kerajinan yang berasal dari tangan-tangan kreatif penduduk sekitar, dan kebanyakan karya-karya itu dijual di area Candi Borobudur dan toko-toko di pinggir jalan-jalan di Magelang. Magelang juga merupakan wilayah dengan yang telah terkenal keanekaragaman kuliner yang khas tentunya kita bisa menikmatinya jika berkunjung ke wilayah ini. Magelang juga memiliki tekstur pemandangan yang sudah bisa dikatakan sangat indah, karena pemandangan pegunungan dan bebukitan kita bisa menjumpainya disini. Serta hamparan sawah yang diselimuti hijaunya padi menambah kesan eksotis tersendiri. Jadi, berikut destinasi wisata yang dapat dikunjungi selain Candi Borobudur :

1. Candirejo

Tempat Wisata di Magelang Selain Borobudur

Candirejo, merupakan sebuah daerah pedesaan wisata yang ada di Magelang, Jawa Tengah. Bila berkunjung ke Magelang,  tidak bisa dikatakan telah lengkap jika para pengunjung atau wisatawan belum mencoba destinasi yang satu ini. Destinasi yang menawarkan kehangatan penduduk asli Magelang. Dikatakan hangat karena mereka sangat ramah jika menyambut tamu yang sengaja berkunjung ke objek wisata yang satu ini. Jika pengunjung datang atau mengunjungi destinasi ini pada bulan-bulan tertentu, pengunjung akan dapat menikmati sekaligus bergabung di acara tradisi khas Nyadran, Sedekah Bumi yang umumnya akan keluar berbagai makanan khas untuk dibagikan karena menghargai pemberian Tuhan Yang Maha Esa.

Selain itu juga ada tradisi wayangan yang pastinya akan seru jika kita turut menontonnya. Istimewanya destinasi kali ini terdapat home industri di dalamnya yang memang memproduksi kerajinan anyaman pandan dan juga bambu. Kita bisa melihat langsung tangan mereka begitu lincah dalam menganyam. Kerajinan itu merupakan kekayaan alam Indonesia, pesona Indonesia yang wajib kita jaga kelestariannya. Jika berkunjung ke destinasi ini disarankan untuk mengajak anak-anak juga, karena selain pariwisata destinasi ini juga bisa dimnafaatkan untuk wisata edukasi. Di hari-hari biasa, destinasi ini juga menyediakan berbagai makanan, jajanan, atau minuman yang khas dengan daerah Magelang. Kita bisa menikmatinya dengan harga yang relatif murah.

2. Rumah Kamera

Tempat Wisata di Magelang Selain Borobudur

Rumah Kamera, merupakan sebuah bangunan yang segaja di desain menyerupai kamera DSLR, itu adalah keunikan dari destinasi ini. Dan sepertinya kita hanya akan menemukannya di Magelang. Letak destinasi ini tidak jauh dari Candi Borobudur. Ternyata setelah kita telusuri, bangunan yang berbentuk kamera ini di dalamnya berisi beberapa lukisan karya Tanggol Angien Jatikusumo yang khas. Galeri lukisan yang dibangun dengan desain unik ini memiliki empat lantai dengan pesona masing-masing yang wajib kita jelajahi, kita akan disuguhi beberapa lukisan yang indah dan bisa menentramkan hati. Jika telah selesai menjelajahi empat lantai yang penuh dengan lukisan yang ada di dalam rumah kamera ini, pengunjung bisa mengabadikan momen dengan cara menjadikan rumah ini sebagai background untuk ber-foto. Sungguh tempat yang unik dan menarik yang menawarkan pesona yang tidak akan bisa kita temui jika tidak berkunjung ke wilayah Magelang.

3. Kali Progo

Tempat Wisata di Magelang Selain Borobudur

Kali Progo, merupakan sebuah sungai yang memiliki kontur air yang jernih serta menyajikan udara sejuk nan dingin. Tidak hanya itu pemandangan di sekitar sungai ini sangatlah indah menghijau. Pemandangan yang indah itu bisa pengunjung manfaatkan untuk sejenak menyegarkan mata. Ternyata, destinasi ini memiliki wahana yang terbilang cukup ekstrim yaitu arung jeram. Menyusuri sungai ini dengan perahu karet dengan kecepatan tinggi dan mengendalikan perahu agar tidak terbalik di antara bebatuan sungai yang khas berwarna hitam pekat tentunya akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Karena sensasi yang ditimbulkan adalah luar biasa seru.

Jika kita belum berpengalaman dalam olahraga ini kita bisa berarung jeram dengan ditemani beberapa orang yang notabenya adalah kru dari objek wisata ini. Dan ternyata sungai ini juga memiliki grade yang cukup tinggi untuk olahraga ekstrim ini. Waktu yang kita butuhkan untuk sampai pada finish atau tempat pemberhentian adalah sekitar 2 jam, jadi kita bisa menyusuri sungai yang diselimuti derasnya arus dengan puas. Setelah kita naik, kembali ke daratan kita akan langsung disambut penduduk sekitar yang sengaja berjualan di wilayah sekitar destinasi ini. Kita bisa merasakan berbagai macam jajanan khas daerah setempat yang memiliki rasa yang khas dan tentunya juga lezat. Cukup untuk mengisi perut yang kosong setelah berarung jeram. Jika berkunjung ke destinasi ini disarankan untuk berkelompok ataupun tidak sendiri.

4. Candi Umbul

Tempat Wisata di Magelang Selain Borobudur

Candi Umbul, merupakan sebuah pemandian yang ada di wilayah Magelang. Destinasi ini menyediakan air panas yang sangat cocok untuk relaksasi, sekedar menenangkan diri dari padatnya rutinitas yang kita hadapi. Untuk masuk ke dalam destinasi ini pengunjung diwajibkan membayar sebagai tiket masuk, dan harganya tidak terlalu mahal atau bisa dikatakan murah. Harga tiket yang murah bisa membuat pengunjung betah berlama-lama di destinasi wisata ini. Pemandian Candi Umbul ternyata telah digolongkan sebagai situs purbakala, status itu membuat destinasi ini memiliki pesona tersendiri, sumber air panasnya dan suasananya yang unik khas jaman purbakala menambah kesan tersendiri bagi para pengunung yang datang. Pemandian Candi Umbul diperkirakan telah ada sejak jaman Wangsa Syailendra.

Pengunjung yang berkunjung ke dalam objek wisata ini bisa menghabiskan waktunya dengan berendam dan menikmati pemandangan sekitar yang sangat indah dan bisa menenangkan tentunya. Air yang terdapat di dalam destinasi pemandian air panas ini temperaturnya tidak terlalu panas atau pas dengan tubuh kita. Setelah kita selesai berendam dan naik ke daratan kita akan merasakan kenikmatan yang tiada tara karena otot-otot pada tubuh kita telah meregang membuat tubuh terasa ringan dan nyaman pastinya.

Destinasi ini juga menyediakan beberapa tempat untuk beristirahat di area daratan. Destinasi Pemandian Candi Umbul ini juga menyediakan beberapa tempat atau toko yang menyediakan jajanan yang dapat kita beli untuk oleh-oleh jika kita telah pulang kembali ke rumah. Jajanan yang ada di beberapa toko itu adalah buah karya tangan-tangan penduduk sekitar yang kreatif mengolah berbagai bahan dasar menjadi jajanan yang memiliki citarasa yang khas. Selain kelezatan rasanya pola atau cara pembuatannyapun masih alami dan tidak mengandung bahan kimia. Itu yang membuat jajanan yang dijual disini memiliki rasa yang khas dan alami.

Demikian artikel tentang tempat wisata yang ada di Magelang selain candi Borobudur, semoga bermanfaat.

tags: ,