Tempat Wisata di Jember Yang Bisa Dikunjungi

Jember, merupakan wilayah yang berbatasan langsung dengan Samudera Indonesia bagian selatan, itu yang membuat daya tarik tempat wisata di Jember meningkat. Salah satu objek wisata yang khas adalah objek wisata pantai, tak heran karena wilayahnya berbatasan langsung dengan perairan lepas. Tapi bukan hanya objek wisata pantai saja yang ditawarkan, Jember juga memiliki beberapa wilayah pegunungan, dan itu yang membuat pengunjung banyak berkata tentang Jember adalah wilayah dengan pesona wisata alam yang menarik untuk dikunjungi.

Kekhasan dari wilayah Jember adalah memiliki banyak area perkebunan yang diperkirakan 80% adalah peninggalan negara yang sempat menjajah negara kita, yaitu Belanda. Area perkebunan yang sebegitu banyaknya membuat Jember terkenal sebagai salah satu wilayah penghasil tembakau utama di negeri kita ini. Tembakau dari wilayah ini seringkali digunakan sebagai lapisan luar cerutu yang terkenal hingga Jerman, dan Belanda. Kembali ke persoalan objek wisata, jadi inilah beberapa objek wisata di Jember yang menyimpan pesona alam Indonesia yang sangat indah :

1. Tempat Wisata di Jember: Air Terjun Tancak

Air Terjun Tancak

Tancak, merupakan salah satu air terjun yang terdapat di wilayah Jember. Tepatnya di daerah perbukitan Tancak, Desa Suci, Kecamatan Panti, jika ditempuh dari kota Jember pengunjung akan menempuh perjalanan sekitar kurang lebih 16 KM untuk menuju lokasi air terjun ini berada. Perjalanan berlanjut dengan berjalan kaki sekitar kurang lebih 3 KM dari Desa Suci. Dan ketika sampai di lokasi, serasa seluruh jerih payah kita terbayar lunas karena air terjun ini memiliki pemandangan yang sangat indah, dibalut dengan udara sejuk dan suasana dingin menyegarkan.

Bagi pengunjung jangan lupa menyempatkan waktu untuk merasakan jernihnya air yang jatuh dari atas. Karena jika hanya melihat akan kurang terasa sensasinya. Air yang jatuh dari atas itu temperaturnya cukup dingin, dapat menghilangkan kepenatan kita saat menjalani kesibukan. Objek wisata air terjun ini emmiliki ketinggial total 82 KM serta debit air 150 M kubik per detiknya. Perjalanan menuju air terjun ini memiliki medan yang aman untuk dilalui, oleh karena itu kita sebaiknya dapat mengajak seluruh anggota keluarga termasuk anak-anak. Karena bagi mereka mungkin berkunjung ke air terjun ini adalah pengalaman yang menarik dan tentunya tidak akan pernah bisa dilupakan.

2. Tempat Wisata di Jember: Puncak Rembangan

Puncak Rembangan

Puncak Rembangan, merupakan sebuah objek wisata pegunungan dan agrowisata. Memiliki jarak 15 KM kearah utara kota Jember, serta terletak padaketinggian 650 M di atas permukaan laut. Pada objek wisata Puncak Rembangan kita bisa menemui pemandian yang airnya masih alami dan terawat kebersihannya. Karena ditangani oleh tenaga penanganan yang cukup ahli dibidang pelestarian lingkungan. Setelah kita berhasil sampai di wilayah objek wisata ini kita akan disuguhi pemandangan kota Jember dan sekitarnya dari tempat ini.

Pesona alam di wilayah puncak Rembangan sungguh menakjubkan, kita juga bisa merasakan sejuknya udara pegunungan serta bagi pengunjung yang tidak tahan dengan suasana yang bertemperatur rendah, sebaiknya pengunjung membawa jaket untuk antisipasi. Dan pada malam hari, kita akan bisa memandang ke kota Jember sekali lagi, tapi bukan pemandangan yang seperti saat matahari belum tenggelam, tetapi pemandangan menakjubkan karena kelap-kelip lampu di rumah penduduk setempat yang mulai menerangi malam dan tgerlihat sangat eksotis. Kita bisa menikmati indahnya malam juga dengan gugusan bintang yang ada di langit dan bulan yang setia menemaninya. Pengunjung juga dapat merasakan lezatnya pisang keju yang khas yang memang dijual di area puncak ini. Serta hangatnya minuman teh jahe yang khas juga disebut minuman spesial asal Puncak Rembangan.

3. Tempat Wisata di Jember: Kebon Agung

Kebon Agung

Kebon Agung merupakan salah satu objek wisata pemandian di Jember, tepatnya di daerah Kebon Agung, Kaliwates. Objek wisata pemaindian ini memiliki dua buah kolam renang yang airnya adala berasal dari sumber alami yang mengalir dari mata air Watu Remuk. Tidak diragukan lagi kejernihan air dan kealamian lokasinya. Saat pengunjung turun kedalam air, pengunjung ajkan merasakan kesegaran yang tiada tara karena kealamian airnya. Bagi pengunjung dewasa di dalam objek wisata ini telah disediakan kolam dengan ukuran sekitar kurang lebih (lima puluh kali dua puluh) meter yang sanggup menampung banyak pengunjung, jadi kita tidak perlu repot-repot mencari objek wisata pemandian yang besar lagi untuk mengajak keluarga kita, Kebon Agung punya itu semua.

Dari pihak objek wisata pemandiaan ini juga telah resmi menyediakan taman bermain yang dikhususkan untuk anak-anak, jadi para orang tua tidak perlu repot-repot mencarikan tempat bermain untuk anak-anaknya jika sedang berlibur di dalam objek wisata ini. Dan juga bagi pengunjung yang berminat untuk menginap, objek wisata pemandian ini juga menyediakan penginapan di dalam area obek wisata ini. Dan untuk pecinta kuliner atau bahkan hanya pengunjung yang tengah lapar setelah menikmati berenang di dalam air, objek wisata ini juga menyediakan beberapa tempat makan yang tentunya akan menyajikan makanan ataupun jajanan khas kota Jember ini. Dan uang yang harus kita keluarkan untuk menikmati kuliner khas kota ini tidaklah mahal melainkan cukup terjangkau. Dan kita telah bisa merasakan lezatnya makanan khas dari kota ini.

4. Tempat Wisata di Jember: Puger

Pantai Puger

Puger merupkan salah satu pantai yang indah di wilayah Jember. Objek wisata pantai ini juga merupakan objek wisata pantai yang paling ramai dikunjungi oleh pengunjung baik local maupun internasional. Masyarakat setempat kerap kali menjadikan objek wisata pantai ini sebagai tempat hiburan yang menakjubkan. Objek wisata pantai ini sangat cocok bagi pengunjung yang memiliki hobi memancing, tetapi bukan berarti tidak bisa dinikmati oleh pengunjung yang tidak memiliki hobi memancing. Pengunjung yang memiliki hobi memancing dapat menyewa perahu motor yang memang disediakan oleh masyarakat sekitar untuk disewa sebagai alat transportasi untuk sampai di tengah lautan dan memancing.

Bagi pengunjung yang belum memiliki peralatan untuk memancing, pengunjung juga dapat menyewa dia area lokasi objek wisata pantai ini. Untuk pengunjung yang tidak memiliki hobi memancing, pengunjung dapat bersantai ditepian pantai sambil menikmati indahnya pemandangan dengan meneguk kelapa muda yang memiliki rasa manis karena langsung dipetik dari pohonnya sebelum kita meminumnya. Objek wisata pantai ini juga merupakan objek wisata pantai yang telah terkenal hingga di kawasan Indonesia.

Di area objek wisata pantai ini juga terdapat tempat atau bisa kita sebut sebagai pasar pelelangan ikan yang menjual beberapa jenis ikan yang masih segar, hasil tangkapan masyarakat sekitar yang mayoritas atau sebagian besar adalah bermatapencaharian sebagai nelayan. Dan harga yang ditawarkan untuk ikan-ikan segar tadi sangat murah karena untuk mendapatkannya juga tidak susah, faktor dari kekayaan hasil laut Indonesia. Pastinya harga yang diatawarkan sangatlah berbeda dengan harga yang ditawarkan jika kita berkunjung ke dalam supermarket atau yang lainnya. Kita juga dapat memesan makanan yang tentunya berbau-bau hasil laut di restoran setempat, istimewanya kita diperkenankan untuk memilih sendiri bahan ikan apa yang kita inginkan.

Sekian artikel tentang objek wisata di Jember ini, semoga bermanfaat.