Tempat wisata di Ciwidey Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Zona Spesial – Ciwidey adalah sebuah nama wilayah yang terletak di dekat kota kembang, Bandung. Jika di observasi secara lanjut, ternyata nama Ciwidey adalah nama yang berasal dari bahasa Portugis Kuno, yaitu Ciwi artinya Buah Kiwi dan Dey yang berarti hari. Pendapat lain juga dikemukakan penduduk setempat bahwa nama Ciwidey berasal dari bahasa Yunani, yaitu Ciwow yang berarti sapi dan Dos artinya lima. Penduduk setempat percaya bahwa pada saat itu daerah yang subur ini adalah tempat lahirnya sapi yang memiliki kepala berjumlah lima. Sapi itu terletak di Rumah Sembah Sapi yang dimiliki oleh Raden Batubara.

Namun mitos tersebut belum diketahui jelasnya apakah kedua mitos tersebut benar adanya atau hanya mitos belaka. Tetapi kesejukan dan keindahan alam yang ada di Ciwidey itu bukanlah hanya mitos namun memang benar adanya. Pemandangan yang indah dibalut kabut putih yang khas serta diselimuti udara yang sejuk segar membuat wilayah ini kerap kali dikunjungi oleh wisatawan baik dalam maupun luar negeri. Kebanyakan wisatawan datang memang hanya untuk menikmati kelamian alamnya yang indah, pesona alam Indonesia.

Ciwidey juga tempat bagi kebudayaan setempat yang terkenal khas, dan juga terdapat berbagai macam kuliner yang khas juga, dan kita tidak akan menemuinya jika kita mencarinya di wilayah lain. Termasuk objek wisata yuang ditawarkan, itu sangat mendapat apresiasi dari pihak luar. Jadi, berikut ini adalah beberapa objek wisata yang ada di Ciwidey :

1. Kawah Putih Ciwidey

Tempat wisata di Ciwidey

Kawah Putih, merupakan objek wisata alam yang berada di Ciwidey, jika wisatawan berada di pusat kota Bandung pengunjung dapat mengakses lokasi objek wisata ini dengan menempuh jarak sekitar 44 KM. Berada di wilayah Rancabali lengkap dengan pemandangannya yang sudah pasti sangat unik dan indah serta dapat membuat para wisatawan tidak sabar untuk mengunjungi objek wisata ini setelah sampai di rumah. Jika wisatawan berkunjung ke objek wisata ini, wisatawan akan langsung melihat betapa indahnya air di danau yang berwarna putih yang dipadukan dengan bebatuan jenis kapur putih yang menambah eksotisnya pemandangan.

Menurut cerita yang narasumbernya adalah penduduk setempat, objek wisata Kawah Putih ini adalah tempat roh-roh nenek moyang berkumpul. Bahkan penduduk setempat juga percaya bahwa puncak dari Kawah Putih ini adalah tempat untuk rapat roh-roh nenek moyang tadi. Serta ada cerita lagi bahwa beberapa penduduk sekitar pernah melihat domba berbulu putih berkeliaran di wilayah Kawah Putih, menurut penduduk sekitar domba-domba itu adalah jelmaan roh-roh nenek moyang.

Tetapi pemandangan yang indah tadi seolah mengusir setiap bagian mistis di wilayah objek wisata ini, jadi tetap saja Kawah Putih di Ciwidey ini terkenal dengan keindahannya, alam yang masih alami, dan tentunya dapat dinikmati sambil bersantai. Untuk paket wisata ciwidey ini tergolong murah yaitu sekitar Rp. 15.000,- per-orangnya, jadi untuk mengajak keluarga untuk berlibur tidak membutuhkan biaya yang mahal jika lokasi objek wisata ini yang jadi tujuannya.

2. Kebun Strawberry Ciwidey

Tempat wisata di Ciwidey

Jika ingin menikmati keindahan alam sekaligus dapat menikmati hasil alamnya, lokasi objek wisata kebun strawberry di Ciwidey ini adalah pilihan yang tepat untuk memenuhi impian para pecinta wisata. Untuk masuk, wisatawan bisa mengakses dengan mudah. Setelah berada di dalam, wisatawan akan langsung disuguhi hamparan tanah yang telah diselimuti tanaman strawberry yang menambah cita rasa khas Ciwidey. Wisatawan bisa berkeliling area perkebunan dengan bebas.

Dan juga lokasi objek wisata ini bisa difungsikan sebagai objek wisata edukasi karena pihak yang mengelolah lokasi objek wisata ini menyediakan jasa untuk menerangkan ke wisatawan tentang bagaimana langkah-langkah pembibitan dari awal hingga perawatan dengan pupuk serta saat proses masa memanen. Jadi wisatawan sebaiknya juga mengajak anak-anak agar mereka juga bisa belajar tentang ilmu-ilmu atau teknik-teknik dalam berkebun khususnya menanam buah merah nan manis ini.

Wisatawan yang datang ke dalam lokasi objek wisata ini diperkenankan memetik sekaligus memakan buah strawberry sepuasnya saat masih di area objek wisata ini. Jangan takut alih-alih buah strawberry akan mati saat buahnya dipetik, karena tepat setelah pintu masuk terdapat pembelajaran singkat dari pihak objek wisata tentang bagaimana cara memetik buah strawberry dengan benar agar pohonnya masih dapat hidup hingga beberapa kali panen.

Pengunjung akan bisa merasakan sensasi yang luar biasa, menikmati udara yang tergolong masih segar dan sejuk sambil menikmati manisnya strawberry yang telah matang saat berada di pohonnya. Untuk wisatawan yang gemar mengunjungi objek wisata agro atau kebun strawberry Ciwidey, disarankan untuk berkunjung saat buah strawberry telah siap panen, karena buah yang ada telah mencapai ukuran maksimal dan tentunya menambah kelezatan saat kita memakannya.

3. Pemandian Cimanggu

Tempat wisata di Ciwidey

Pemandian Cimanggu, merupakan salah satu objek wisata alam yang berbasis air, berada tidak jauh dari Kota Bandung, hanya berjarak sekitar 45 KM. Objek wisata pemandian ini dikatakan juga sebagai objek wisata alam, karena memang apa yang ada di dalam area objek wisata ini 80 % adalah apa yang ada di alam atau masih asli kealamiannya. Termasuk airnya yang memiliki suhu hangat namun tetap jernih karena bersumber dari salah satu mata air yang ada di area sekitar.

Objek wisata pemandian ini sangat cocok untuk orang-orang yang memang sangat sibuk dalam menjalani rutinitas, seperti orang-orang yang hidup di daerah perkotaan. Wisatawan yang mengunjungi objek wisata ini jugadapat mengajak seluruh keluarga karena manfaat dari air di dalam objek wisata ini sangatlah banyak, salah satunya adalah mempercepat penyembuhan penyakit kulit (gatal-gatal), serta juga dapat merelaksasi tubuh agar otot-otot yang telah menegang dapat meregang kembali. Ketika kita berendam, kita akan bisa menikmati pemandangan yang menakjubkan juga.

Pemandangan yang disebut indah disini adalah hamparan perkebunan teh yang menghijau menyejukkan mata. Ketika kita berendam dalam air yang hangat, udara dingin serta sejuk akan terus menyelimuti atmosfer Ciwidey, faktor itu karena banyaknya oksigen yang tercipta berkat banyaknya area perkebunan yang memiliki banyak sekali tumbuhan. Sembari berendam kita bisa mengabadikan momen-momen yang seru di dalam objek wisata ini. Disarankan untuk memakai kamera yang berspesifikasi tinggi karena sayang jika pemandangan yang sangat indah ini diabadikan dengan kualitas rendah.

Dan untuk masuk ke dalam objek wisata ini tidak diperlukan biaya yang banyak untuk masuk ke dalam objek wisata ini. Selain udara yang sejuk, air yang hangat, pemandangan yang indah, objek wisata ini juga memiliki beberapa kuliner khas daerah setempat, baik itu makanan ataupun minuman. Saat berada di area objek wisata ini kita dapat mencicipi kuliner khas itu hanya dengan merogoh saku tidak terlalu dalam, karena harga yang ditawarkan juga tidak mahal karena kuliner yang diual adalah hasil dari olahan penduduk setempat.

Sekian artikel tentang tempat wisata di Ciwidey, semoga bermanfaat. Jangan lupa, simak juga: Tempat Wisata di Jawa Tengah