Tempat Wisata di Belitung Terpopuler

Friday, November 27th 2015. | Wisata

Tempat Wisata di Belitung – Belitung dulunya dikenal dengan nama Billiton, adalah sebuah pulau di lepas pantai bagian timur Sumatra. Belitung diapit oleh dua selat yaitu Gaspar dan Karimata. Hasil kekayaan alam Belitung yang terkenal adalah lada putih, timah putih, dan granit. Serta kabar yang tersebar akhir-akhir ini menjadi tujuan wisata alam karena Belitung memiliki beragam obyek wisata yang unik dan identic dengan pesisir pantainya yang memiliki pasir nan indah. Berikut adalah beberapa contoh obyek wisata yang eksotis di pulau Belitung :

1. Pantai Penyak

Tempat Wisata di Belitung

Pantai Penyak adalah salah satu pantai di Belitung yang memiliki garis pantai terpanjang, yaitu  mencapai hingga (3 KM). Obyek Wisata kali ini memiliki pesona pesisir yang pada permukaannya yang landai dan berada tepat di tepi jalan raya yang menghubungkan Pangkalpinang dengan Koba. Penyebab oobyek wisata kali ini ramai dikunjungi wisatawan adalah letaknya yang strategis yaitu dipinggir jalan raya, maka obyek wisata kali ini kerap kai dijadikan tempat untuk beristirahat bagi mereka yang sedang dalam perjalanan.

Di hari-hari normal atau akhir pekan, obyek wisata ini juga remain oleh pengunjung local yang sengaja meluangkan waktunya untuk bermain-main di bibir pantai dengan bahan permainan pasir yang lembut. Selain itu, wisatawan biasanya gemar menikmati air kelapa muda yang langsung dipetik dari pohonnya, dan rasa yang disuguhkanpun tentunya masih murni. Namun saying, obyek wisata yang indah ini kurang mendapat apresiasi dari pihak pemerintahan Belitung, padahal pantai ini termasuk pantai yang indah di pulau Belitung.

2. Wisata Pantai Tanjung Tinggi

Tempat Wisata di Belitung

Pantai Tanjung Tinggi adalah pantai paling menawan sekaligus terpopuler di Belitung maupun Nusantara. Dan lagi, pasca pantai ini dijadikan sebagai lokasi syuting film Laskar Pelangi karya Andrea Hirata yang bekerjasama dengan para artis senior dan Grup Band Nidji. Terletak sekitar (30 KM) dari pusat kota Tanjungpandan. Pantai ini memiliki pemandangan yang menawan karena memiliki pasir yang berwarna putih nan lembut, selain itu juga mempunyai bebatuan granit raksasa yang tersusun unik dengan sendirinya.

Selain menyugukan keindahannya, pantai ini juga menyediakan berbagai olahraga air yang bisa dinikmati pengunjung contohnya berenang, bermain jetski, bermain kano, yang tentunya semua itu bisa disewa dengan harga standar. Pantai Tanjung Tinggi juga menyediakan camp untuk berjemur dan berbagai resort serta rumah makan khas pesisir pantai yang pastinya menyuguhkan makanan asli Belitung yang kaya dengan hasil lautnya.

3. Wisata Pantai Tanjung Pesona

Pantai Tanjung Pesona

Pantai Tanjung Pesona adalah wisata pantai favorit masyarakat pulau Belitung. Hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk bisa sampai di Pantai Tanjung Pesona ini dari Pangkalpinang. Pantai Tanjung Pesna terletak di Desa Rambak, Sungailiat. Pantai Tanjung Tinggi memiliki beragam wahana permainan yang tentunya seru. Pantai ini sangat cocok untuk tempat bermain dan belajar anak-anak, oleh karena itu obyek wisata ini adalah salah satu obyek wisata favorit keluarga di Belitung. Yang paling ditonjolkan obyek wisata ini adalah wahana memancingnya, karena Belitung terkenal dengan hasil lautnya. Kita hanya perlu menyewa speedboat dan beberapa peralatan memancing, kita dapat menghabiskan waktu liburan dengan memancing ke tengah laut bebas.

Artikel terkait: Tips Agar Aman Sebelum dan Sewaktu Sedang Berwisata

4. Wisata Pantai Tanjung Kelayang

Tempat Wisata di Belitung

Pantai Tanjung Kelayang merupakan pantai yang dipergunakan sebagai lokasi acara besar maritim bertaraf internasional, salah satunya Sail Wakatobi-Belitong. Pantai Tanjung Kelayang terletak sekitar (27 KM) dari pusat kota Tanjungpandan di Belitung. Pantai Tanjung Kelayang adalah salah satu obyek wisata di Belitung yang terkenal di kalangan wisatawan domestik maupun internasional. Secara berurutan, ratusan perahu yacht dari berbagai negara akan singgah di Tanjung Kelayang dalam acara besar Sail Indonesia. Uniknya di Pantai Tanjung Kelayang terdapat bebatuan granit yang tersusun rapi hingga terbentuk menyerupai burung, serta hamparan pasir putih khas Belitung yang bersih adalah pesona keindahan alam Indonesia yang terdapat di Belitung.

5. Pulau Lengkuas

Tempat Wisata di Belitung

Pulau Lengkuas adalah salah satu pulau di Belitung yang khas dengan mercusuar tuanya yang hingga kini masih aktif. Mercusuar itu dibangun oleh Belanda pada sekitar tahun 1882. Faktor pemikat para pengunjung yang akan mendatangi pulau ini adalah pada hamparan laut biru nan jernih dengan bebatuan granit khas pulau Belitung. Pulau Lengkuas memiliki ukuran wilayah sekitar kurang dari 1 hektare. Obyek wisata di Belitung ini terkenal dengan panrama laut yang memiliki air jernih yang biru menawan. Pengunjung cukup menyiapkan fisik dan mentalnya lalu menaiki mercusuar setinggi 50 meter tersebut, pengunjung dapat menikmati pemandangan spektakuler di Pulau Lengkuas. Ada opsi bila pengunjung terlalu lelah untuk sampai di ujung atas mercusuar, karena setiap lantai terdapat jenbdela besar yang menghadap ke segala penjuru arah pantai Lengkuas.

6. Wisata Pantai Pasir Padi

Tempat Wisata di Belitung

Pantai Pasir Padi adalah pantai yang terletak di Kec. Bukit Intan, Pangkalpinang, Belitung. Mempunyai jarak sekitar (7 KM) dari kota Pangkalpinang. Ini adalah pantai terdekat dari Bandara Udara Pangkalpinang. Obyek wisata di pulau Belitung yang satu ini adalah yang paling terkenal di Belitung. Tak heran jika pengunjung akan mendapati banyaknya warga belitung yang mengunjungi kawasan wisata Pantai Pasir Padi ini.

Asal usul penamaan pantai ini adalah pantai ini memiliki pasir yang putih menyerupai bulir-bulir padi. Untuk masuk ke wilayah byek wisata ini pengunjung dikenakan tarif yang cukup murah yaitu sebesar Rp. 10.000,-. Di kawasan byek wisata ini juga tersedia fasilitas publik yang begitu lengkap contohnya hotel berbintang, resto, hingga warung makan khas Belitung tersedia dalam jumlah yang cukup banyak.

7. Wisata Pantai Parai Tenggiri

Pantai Parai Tenggiri

Pantai Parai Tenggiri terletak di desa sinar baru, sungailiat, berjarak sekitar 40 km dari ibukota Provinsi Bangka Belitung, Pangkalpinang. Pantai Parai Tenggiri mempunyai karakter ombak yang lembut dengan permukaan yang landai. Obyek wisata yang satu ini memiliki panorama yang eksotis dengan hamparan batu granit yang khas Belitung. Seperti halnya pantai di Belitung, pantai yang satu ini juga memiliki bebatuan granit yang berbentuk unik dan ukurannya pun beragam.

Pemandangan yang indah dapat dinikmati dengan cara naik ke bebatuan granit yang cukup tinggi, itu akan memberi kita pengalaman memandang laut cina selatan yang teduh. Ada beragam yang ditawarkan pantai ini jika soal wahana, salah satu yang terdapat di pantai ini adalah banana boat dan kita juga bisa menikmati indahnya bawah laut Belitung dengan snorkel.

Pantai ini juga memiliki wahana memancing dan juga resto bergaya Belitung asli. Untuk masuk, pengunjung dikenakan tarif Rp. 25.000,- dan mendapat kupon yang nantinya dapat ditukarkan di area pantai dengan makanan ataupun minuman.

Kekayaan alam dan keindahannya memang tidak dapat terpisah, Belitung merupakan wilayah dengan segudang destinasi lautnya, khas negeri kita ini yang kita ketahui bersama merupakan negeri dengan wilayah laut yang lebih besar jika dibandingkan dengan daratannya. Semoga keindahan alam itu terus terjaga. Demikianlah beberapa tempat wisata di belitung yang dapat kami bagikan untuk anda, semoga bermanfaat.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Terbaik di Jogja yang Wajib Dikunjungi

tags: ,