Referensi Tempat wisata alam di Jawa Timur

Zona Spesial – Jawa Timur, merupakan suatu daerah dengan segudang kulinernya yang khas, dan tidak hanya itu Jawa Timur juga sangat terkenal dengan kebudayaannya yang unik menurut pengunjung yang datang ke daerah ini, misalnya kebudayaan : reog, seni ludruk dan tayub. Dalam sector pendidikan juga tidak kalah berkembangnya dengan daerah lain, terbukti dengan seringnya memperoleh juara dalam olimpiade. Selain itu Jawa Timur juga surganya obyek wisata alam, Jawa Timur memiliki gunung tertinggi di pulau Jawa yang telah terkenal yang dikenal dengan nama Gunung Semeru. Dan inilah beberapa tempat wisata alam di Jawa Timur yang terkenal dengan kealamian alamnya :

1. Bromo

Referensi Tempat wisata alam di Jawa Timur

Bromo, merupakan sebua gunung yang telah terkenal tidak hanya di kawasan domestic, tapi telah merambah hingga kawasan internasional. Obyek wisata ini secara geografis terletak di empat kabupaten yaitu Probolinggo, Pasuruan, Malang, dan Lumajang. Untuk sampai di obyek wisata alam yang indah ini pengunjung dapat melalui rute dari Pasuruan, Malang, serta Probolinggo. Obyek wisata ini juga terkenal akan tumbuhan bunga Edelweisnya yang biasanya orang menyebut dengan bunga yang takkan mati walaupun telah dipetik, karena bentuk dan warnanya yang takkan berubah setelah dipetik dari pohonnya. Bunga itu menambah kesan unik tersendiri bagi obyek wisata ini. Obyek wisata ini memiliki alam yang sungguh-sungguh indah, dan wajib bagi para pengunjung untuk menikmati sunrise atau matahari terbit, karena pemandangan akan lebih terasa semakin indah. Menjelajah daratan pasir yang seolah berbisik kepada kita, itu juga merupakan hal yang bisa dilakukan di area obyek wisata ini. Tidak lupa keindahan kawah pada obyek wisata ini juga perlu untuk diketahui, karena kawah Bromo mempunyai kekhasan tersendiri.

2. Kawah Ijen

Referensi Tempat wisata alam di Jawa Timur

Kawah Ijen, merupakan kawah dari gunung Ijen yang memiliki pesona yang menakjubkan. Obyek wisata ini merupakan cagar alam, terletak di Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi. Obyek wisata atau cagar alam ini adalah kawah asam terbesar di dunia dengan tinggi dinding kaldera hingga mencapai 500 meter dan memiliki luas hingga mencapai 5,466 hektare. Informasi tentang keindahan salah satu cagar alam di Jawa Timur ini sudah tersebar hingga ke kawasan mancanegara. Utamanya pada pagi dan malam hari. Pada pagi hari pengunjung akan dimanjakan dengan pesona alam Jawa Timur yang memancarkan cahaya matahari yang berdominasi warna orange dipadukan dengan warna kawah hijau toska, perpaduan warna yang harmonis membuat para pengunjungnya serasa telah sampai di surge, surganya alam di Jawa Timur. Saat malam telah tiba dan langit menjadi gelap, pengunjung akan bisa menikmati fenomena alam “blue fire”, yaitu api yang berwarna biru menyala pada kawah pada Gunung Ijen. Untuk menikmati keindahan alam yang menakjubkan, pengunjung harus melalui proses pendakian menuju Gunung Ijen terlebih dahulu. Jadi gangan lupa membawa peralatan maupun bekal makanan untuk pendakian.

Artikel terkait: Tempat Wisata di Jawa Barat Paling Populer

3. Papuma

Referensi Tempat wisata alam di Jawa Timur

Papuma, merupakan salah satu pantai yang indah di Jawa Timur. Terletak di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Jember. Masyarakat sekitar menyebut Papuma dengan sebutan Pantai Tanjung Papuma, karena daratannya yang menjorok ke daerah lautan hingga menyerupai tanjung. Ciri khas dari pantai ini adalah tujuh buah bebatuan karang yang sangat besar dengan berbagai ukuran yang berbeda, berada di tengah-tengah lautan sehingga menyerupai pulau-pulau yang indah. Papuma memiliki air yang berwarna biru jernih dan pasir yang tergolong lembut teksturnya. Di tepian obyek wisata ini terdapat beberapa kios-kios yang menjual sesuatu yang tentunya khas dengan daerah Jember. Tidak lupa yang biasanya ada dipantai, minuman segar dari alam, yaitu kelapa muda di pantai ini harganya cukup terjangkau. Menikmati indahnya laut di tepian pantai sambil menenggak kelapa muda yang masih segar tentunya akan bisa mengurangi sedikit beban hidup. Obyek wisata ini sangat cocok untuk wisata keluarga, saat liburan atau akhir pekan.

4. Pantai Pulau Merah

Referensi Tempat wisata alam di Jawa Timur

Pantai Pulau Merah, merupakan sebuah pantai yang terletak di Desa Sumberagung Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Pantai ini mempunyai kriteria yang mirip dengan pantai-pantai di negaran Brazil. Juga mirip dengan pantai Kuta di Bali. Kesamaannya yaitu sama-sama memiliki ombak yang tinggi, sekitar 4-5 meter. Obyek wisata ini seringkali di kunjungi oleh para peselancar kelas latihan, kadang untuk sekedar latihan atau bahkan hanya sekedar berlibur. Selain ombak yang cocok untuk olahraga selancar, obyek wisata ini juga memiliki pemandangan yang sangat indah, jauh lebih insah jika kita menikmati pemandangan saat matahari terbenam. Berselancar dengan menikmati indahnya pemandangan serta menghirup udara sejuk tentunya akan menjadi pengalaman yang menarik bagi pengunjungnya. Obyek wisata ini sangat cocok untuk tempat berlibur keluarga.

5. Madangkaripura

Referensi Tempat wisata alam di Jawa Timur

Madangkaripura, merupakan sebuah air terjun yang indah. Terletak di Kabupaten Probolinggo dan masih masuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo. Jadi ketika kita mengunjungi Gunung Bromo, alangkah baiknya mampir untuk melihat keindahan air terjun ini. Air terjun ini adalah air terjun tertinggi di Pulau Jawa dan merupakan air terjun tertinggi kedua setelah air terjun Sigura-gura. Air terjun ini terlindungi oleh dinding yang tinggi yaitu 200 meter dengan dibalut lumut-lumut hijau membuat semakin indah. Ada sebuah gua yanga ada di sekitar air terun. Goa ini dipercaya masyarakat setempat sebagai goa tempat Patih Gajah Mada bermeditasi. Jika mencari tempat yang menawarkan keindahan alam yang alami, inilah obyek wisata yang tepat untuk didatangi.

6. Ranukumbolo

Referensi Tempat wisata alam di Jawa Timur

Ranu Kumbolo, merupakan sebuah danau yang memiliki kejernian air yang bahkan bisa langsung diminum. Letaknya di Kawasan Taman Nasional Semeru, tepatnya diantara Kabupaten Lumajang dan Malang. Jika ingin menikmati keindahanan danau ini kita diharuskan mendaki kurang lebih 4-5 jam, jadi kita harus mempersiapkan kondisi fisik yang mumpuni. Jangan khawatir kita akan bosan saat proses pendakian, karena disepanjang jalan kita akan disuguhi pemandangan yang sangat menakjubkan. Udara di obyek wisata ini juga sangat sejuk karena masih termasuk kawasan gunung Semeru. Beberapa tumbuhan yang tumbuh di area obyek wisata ini adalah cemara dan pinus, serta juga ada bebatuan terjal menambah kesan menakjubkan pemandangan pada obyek wisata ini. Kita juga harus mempersiapkan peralatan mendaki seperti tas untuk mendaki, tenda, karpet, dan lain-lain. Serta kita juga harus membawa persediaan makanan yang mengenyangkan, karena disepanjang jalan tidak akan ada kios-kios atau penjual makanan, karena kita sudah benar-benar memasuki kawasan alam yang alami yaitu Gunung Semeru. Sayangnya kita dilarang mandi di danau ini, karena air di danau ini adalah sumber air untuk para pendaki yang berniat naik sampai ke puncaknya. Disarankan untuk berkelompok dan membawa orang yang telah berpengalaman dalam hal pendakian gunung.

Sekian artikel tentang obyek wisata alam di Jawa Timur yang semoga bisa menjadi rekomendasi buat anda. Terima kasih. Baca juga: 5 Tempat Wisata di Bali Paling Banyak di Kunjungi