Pengertian Skripsi, Tesis, Disertasi Serta Perbedaannya

Pengertian Skripsi, Tesis, Disertasi Serta Perbedaannya – Dalam dunia pendidikan terutama di kancah perkuliahan pasti anda akan mengenal yang namanya skripsi, tesis, dan juga disertasi. Memang jika anda belum mengenal lebih jauh tentang ketiga jenis istilah yang ada di kancah mahasiswa tersebut akan sedikit menyamakan tentang ketiga hal tersebut. Memang jika diambil intinya tetap sama saja yakni tugas yang harus diselesaikan untuk mendapatkan gelar sarjana dari fakultas masing-masing. Namun apa sih perbedaan dan pengertian Skripsi, Tesis, dan Disertasi tersebut? Untuk itu kami akan membahasnya pada kesempatan kali ini. Dalam penjelasan kali ini kami juga akan memberikan inti dan perbedaan dari masing-masing jenis tugas perkuliahan tersebut. Untuk memahami pengertian skripsi, tesis, disertasi, dan juga disertai oleh perbedaannya, silahkan anda simak ulasannya berikut ini.

Pengertian skripsi, tesis, dan disertasi

Skripsi

Skripsi merupakan karya tulis ilmiah atau karangan ilmiah berdasarkan penilitian dan atau percobaan yang disusun oleh mahasiswa di bawah bimbingan dosen pembimbing. Skripsi dapat dibagi menjadi 2 jenis yaitu dengan cara langsung observasi lapangan, atau dengan cara tidak langsung yakni dengan studi kepustakaan. Selain itu tujuan dari skripsi yakni sebagai salah satu syarat yang harus dipenuhi sebagai bagian untuk mendapatkan gelar sarjana (S1).

Tesis

Tesis merupakan salah satu karya ilmiah tertulis yang disusun mahasiswa secara individual berdasarkan hasil penelitian empiris untuk dijadikan sebagai bahan kajian akademis. Tesis adalah pernyataan atau teori yang didukung oleh argumen-argumen untuk dikemukakan, merupakan hasil dari studi yang sistematis atas masalah. Tesis mengandung metode pengumpulan, analisis pengolahan data, dan menyajikan kesimpulan serta mengajukan rekomendasi. Tesis merupakan karya ilmiah yang digunakan sebagai salah satu pernyaratan untuk lulus pendidikan jenjang magister (S2).

Disertasi

Disertasi adalah karya ilmiah mahasiswa yang berupaya untuk menciptakan suatu teori baru dengan menguji hipotesis yang disusun berdasarkan teori yang sudah ada. Disertasi berupa paparan diskusi yang menyertai sebuah pendapat atau argumen. Disertasi ini digunakan sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan gelar doktor (S3).

Pengertian Skripsi, Tesis, Disertasi Serta Perbedaannya

Perbedaan Skripsi, Tesis, dan Disertasi

Perbedaan umumnya yakni Skripsi merupakan jenis karya ilmiah untuk mendapatkan gelar sarjana (S1), Tesis untuk mendapatkan gelar magister (S2), sementara Disertasi digunakan sebagai syarat untuk mendapatkan gelar doktor (S3).

Perbedaan pada bobot akademisnya, yakni Disertasi merupakan jenis karya ilmiah dengan bobot tertinggi jika dibandingkan dengan Tesis dan juga Skripsi. Dan diikuti pula oleh Tesis yang bobotnya masih diatas skripsi. Untuk skripsi mungkin adalah sebuah karya ilmiah yang bobotnya cukup rendah jika dibandingkan dengan ketiga jenis karya ilmiah ini.

Selain dari perbedaan tersebut, perbedaan lainnya dari Skripsi, Tesis, dan juga Disertasi ini yakni terdapat pada permasalahan pembahasan dan juga pendalaman dari karya ilmiah tersebut. Untuk disertasi dinilai permasalahan pembahasannya cukup mendalam karena merupakan suatu karya ilmiah untuk menemukan suatu teori yang baru. Untuk diurutan berikutnya mungkin tesis juga lebih mendalam karena merupakan hasil penelitian dari mahasiswa itu sendiri. Sementara untuk skripsi mungkin sedikit dibawah dari tesis dan juga disertasi.

Itulah tadi penjelasan kami tentang pengertian Skripsi, Tesis, dan Disertasi, juga lengkap disertai oleh perbedaannya masing-masing antara ketiga jenis karya ilmiah tersebut. Intinya karya ilmiah tersebut sangatlah berbeda karena digunakan untuk jenjang yang berbeda. Mungkin menurut jenisnya ketiga hal itu dikelompokkan menjadi karya ilmiah, namun perbedaannya hanyalah bobot pada masing-masing karya ilmiah tersebut.