Pengertian Karier: Tujuan, Perencanaan, dan Manfaatnya

Pengertian Karier – Kata karier mungkin sudah biasa kita dengar dan sudah biasa kita ucapkan sehari-hari. Mungkin dalam bayangan kita jika mendengan kata karier langsung terarah pada suatu pekerjaan ataupun profesi. Namun apa sih arti dari kata karier yang sebenarnya? Untuk itu kita akan membahasnya pada kesempatan kali ini. Bukan hanya tentang pengertian karier saja yang kita bahas kali ini, melainkan juga dilengkapi dengan tujuan, tahapan, perencanaa, dan juga manfaat dari karier itu sendiri. Langsung saja apakah arti dari karier yang sebenarnya silahkan dilihat di bawah ini.

Pengertian Karier

Pengertian Karier

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, karier didefinisikan sebagai perkembangan dan kemajuan baik dalam kehidupan, pekerjaan, atau jabatan seseorang. Namun ada juga beberapa pengertian yang menjelaskan tentang arti dari karier yang sebenarnya. Pengertian ataupun definisi tersebut adalah sebagai berikut.

  • Karier merupakan suatu kondisi yang menunjukkan adanya peningkatan status kepegawaian seseorang dalam suatu organisasi sesuai dengan jalur karier yang telah ditetapkan organisasi.
  • Karier adalah semua pekerjaan atau jabatan yang dipegang selama masa kerja seseorang.
  • Karier merupakan suatu proses yang diciptakan perusahaaan untuk membantu karyawan agar membantu Partisipasi ditempat kerja.
  • Karier adalah semua jabatan (pekerjaan) yang mempunyai tanggung jawab individu.

Dari beberapa definisi tersebut maka dapat disimpulkan bahwa karier adalah suatu rangkaian atau pekerjaan yang dicapai seseorang dalam kurun waktu tertentu yang berkaitan dengan sikap, nilai, perilaku, dan motivasi dalam individu.

Tujuan Karier

Tujuan karier secara umum adalah posisi atau jabatan tertentu yang dapat dicapai oleh seseorang atau individu. Namun untuk mencapai tujuan tersebut, seseorang yang bersangkutan harus memenuhi semua persyaratan dan kualifikasi yang dibutuhkan untuk melaksanakan jabatan tersebut. Meskipun sudah memenuhi persyaratan dan kualifikasi tersebut, seseorang tidak otomastis bisa mendapatkan posisi atau jabatan tersebut dikarenakan harus mengetahui persyaratan lainnya di luar individu seperti ada tidaknya lowongan pada jabatan tersebut, ada tidaknya keputusan atau referensi dari pimpinan, dan satu lagi adalah pesaing yang mempunyai kualitas sama dengan seseorang tersebut. Hal itulah yang sering menjadi penghambat karier seseorang.

Perencanaan Karier

Perencanaan karier merupakan suatu proses yang dilakukan oleh individu untuk menentukan tujuan karier dan jalur karier demi mencapai tujuan-tujuan tersebut yang sudah disebutkan di atas. Untuk perencanaan karier terdapat langkah-langkah yang harus anda ikuti, langkah-langkah tersebut adalah sebagai berikut.

Langkah-langkah perencanaan karier :

  1. Menilai diri sendiri
  2. Menetapkan tujuan karier
  3. Menyiapkan tahapan untuk mencapai tujuan karier
  4. Melaksanakan tahapan-tahapan untuk mencapai tujuan karier

Manfaat perencanaan karier

Pada perencanaan karier juga terdapat manfaat-manfaat tertentu yang dapat diambil. Manfaat-manfaat tersebut adalah sebagai berikut.

  • Pengembangan pada individu untuk membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul
  • Mengungkap suatu potensi pada individu
  • Mendorong pertumbuhan Sumber Daya Manusia (SDM)
  • Membantu pelaksanaan mencapai tujuan karier

Itulah pengertian karier secara luas dan juga dilengkapi dengan tujuan, perencanaan, dan manfaat dari karier tersebut. Pada intinya karier merupakan sebuah jalan yang ditempuh seseorang untuk menentukan posisi maupun jabatan dalam suatu pekerjaannya. Karier tersebut dapat dipersiapkan melalui tahapan perencanaan karier yang sudah disebutkan di atas. Dan juga bisa diambil manfaatnya melalui manfaat perencanaan karier yang juga sudah disebutkan diatas.