Oleh-oleh Khas Malang Yang Paling Banyak di Cari Oleh Wisatawan

Thursday, November 26th 2015. | Wisata

Oleh-oleh Khas Malang – Malang merupakan kota yang unik yang seharusnya dikunjungi oleh wisatawan asing maupun lokal, karena Malang selain menjadi kota pelajar dan pendidikan, kota Malang juga menjadi kota yang menjadi tujuan wisatawan.

Oleh karena itu, setiap kota yang ditarget haruslah memiliki keunikan tersendiri dibandingkan kota yang lainnya. Dan Malang sudah memiliki hal tersebut, Malang memiliki berbagai macam makanan khas yang dapat menjadi oleh-oleh anda untuk keluarga anda setelah berjalan-jalan dan berwisata di Malang ini.

Oleh-oleh Khas Malang Yang Paling Banyak di Cari Oleh Wisatawan

Banyak orang yang berpendapat bahwa buah Apel merupakan oleh-oleh khas yang dimiliki Malang, namun sebenarnya masih banyak lagi makanan khas Malang yang mungkin belum familiar yang dapat dijadikan sebagai oleh-oleh. Seharusnya oleh-oleh menarik dari Malang ini dishare ke orang-orang agar setiap masyarakat di Indonesia maupun luar negeri mengerti bahwa Malang bukan hanya memiliki buah apel, namun juga memiliki makanan khas.

Jika anda bersama keluarga atau teman-teman anda sedang berlibur ke Kota Malang, anda jangan khawatir takut tidak ada makanan sebagai santapan disana, karena Malang memiliki aneka ragam makanan khas yang dapat menjamin anda ketagihan dengan makanan tersebut.

Nah, setelah anda menikmati liburan di Malang, memang kurang enak jika anda tidak membawa oleh-oleh yang menarik untuk anda dan keluarga anda makan di rumah. Karena tanpa belanja oleh-oleh yang khas dari suatu daerah seperti Malang, maka sayang sekali karena kesempatan untuk berkunjung ke Malang memang jarang sekali.

Berikut ini merupakan Oleh-oleh Khas Kota Malang yang seharusnya anda beli ketika anda berwisata di Malang..

1. Apel Khas Malang

Oleh-oleh Khas Malang

Buah apel memang sudah menjadi barang yang tidak asing lagi di Kota Malang, dan memang tidak afdol juga tidak membeli buah ini untuk dijadikan oleh-oleh. Di Kota Malang ini, terdapat 2 jenis apel yang paling terkenal yaitu Apel Manalagi yang berbentuk bulat, manis, dan berwarna hijau, dan Apel Ana yang bentuknya lonjong, kebanyakan warna merah, dan rasanya agak asam.

Apel ini dapat dicari di berbagai tempat di Malang, seperti di Mall, Pasar, dan di pedagang-pedagang. Harganya yang sangat terjangkau membuat banyak yang membeli apel ini. Nah, dalam rangka untuk mencintai produk dalam negeri, seharusnya anda membeli apel ini sebagai rasa cinta dan lebih menghormati buah dalam negeri daripada buah kiriman dari luar.

Jika anda tertarik ingin lebih menambah pengalaman, sebaiknya anda ke tempat Agrowisata Batu yang dapat anda kunjungi jika anda ingin mencoba memetik buah apel langsung dari pohonnya sampai puas di perkebunan. Namun sayangnya di daerah tersebut buah yang dipetik hanya boleh dimakan di tempat itu saja, dan tidak boleh dimakan diluar area atau dibawa pulang.

2. Keripik Aneka Buah

Oleh-oleh Khas Malang

Karena daerah malang yang strategis, memiliki jenis tanah yang baik sekali untuk penanaman, sehingga menjadikan Malang ini sebagai tempat yang bagus untuk budidaya buah dan menghasilkan banyak buah. Karena inisiatif orang-orang Malang yang sangat bagus, mereka memanfaatkan hasil buah di Malang ini untuk dijadikan sebagai keripik buah. Alasannya adalah karena keripik itu renyah dan awet selama beberapa hari atau bulan.

Keripik buah merupakan makanan khas yang paling banyak diminati oleh para wisatawan. Keripik ini sering dijadikan sebagai oleh-oleh wajib bagi setiap orang. Keripik yang dijual di Malang ada berbagai macam, seperti buah nanas, rambutan, kelengkeng, apl, nangka, salak, dan buah-buah menarik lainnya. Untuk pembuatan dari keripik buah ini memang sangat rumit, karena membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menjadikan buah yang penuh air menjadi sebuah irisan tipis-tipis yang sangat renyah dan gurih.

Keripik buah ini sering dijual dengan nama merk atau perusahaan, biasanya merk ini ditulis dengan nama pemilik, atau nama perusahaan UMKM yang menjual. Untuk mendapatkan keripik buah ini sangat mudah sekali, karena banyak ditemukan di sekeliling area wisata, namun banyak juga dijual di mall-mall atau pasar-pasar.

3. Keripik Tempe

Oleh-oleh Khas Malang

Bukan hanya keripik buah saja yang dijual di Malang. Kota ini juga dianggap sebagai pembuat keripik tempe yang terkenal di Jawa Timur, dan dianggap paling besar. Keripik tempe di Malang memang banyak penjualnya, entah itu di pusar perbelanjaan, pusar jajanan, kios, bahkan warung kecil sekalipun.

Keripik Tempe yang paling terkenal di Malang adalah Keripik Tempe Sanan. Keripik Tempe Sanan ini memiliki berbagai macam rasa, ada yang rasa pizza, jagung, rumput laut, keju, dan barbeque.

Lokasi produksi UKM ini ada di Kampung Sanan Kecamatan Blimbing yang terkenal akan penghasil keripik tempenya. Oleh karena itu, hampir seluruh warga di Kampung Sanan ini beraktivitas yang berhubungan dengan tempe, entah itu menjual tempe, menggorang tempe, sebagai pemarok, dan kerjaan yang lainnya.

4. Aneka Olahan Telo

Aneka Olahan Telo Khas Malang

Dalam bahasa daerah Malang sendiri atau bahasa jawa, telo memiliki arti ubi atau ubi jalar. Di kota Malang ini juga terdapat pusar kuliner dari bahan telo, yaitu Repoeblik Telo. Produk olahan telo ini memiliki bahan-bahan yang tidak bisa dipisahkan dari telo, karena namanya saja sudah olahan telo.

Di toko Repoeblik Telo ini, terdapat berbagai macam makanan khas telo seperti es krim, bakpai, keripik yang bewarna ungu, dan lain sebagainya. Disini juga terdapat Wi-Fi gratis yang juga memiliki tempat yang sangat nyaman. Toko ini sendiri ada di Purwodadi, No. 1 Lawang, Kabupaten Malang.

5. Frozen Bakso

Frozen Bakso Khas Malang

Bakso memang terkenal di berbagai daerah di Indonesia, terutama Jawa. Malang memang identik dan terkenal sebagai pusat kuliner bakso. Frozen bakso ini dapat menjadi pilihan anda jika anda ingin untuk memasak bakso sendiri di rumah dalam bungkusan yang sudah tertata rapi. Anda akan menikmati sensasi menikmati bakso yang sangat enak dengan ditemani oleh udara yang nyaman dan rindang di Kota Malang.

Penjual frozen bakso yang paling terkenal dapat ditemukan di Bakso President yang ada di Jalan Batanghari. Bakso frozen atau bakso beku ini dapat bertahan beberapa minggu bahkan bulan jika disimpan di lemari es. Jika anda ingin membeli bakso Frozen ini, anda juga akan disuguhi bumbu-bumbu sedapnya yang siap anda masak sendiri sebagia penyedap di rumah. Cita rasa dan kelezatan antara bakso frozen di daerah Malang dan bakso biasa di daerah lain memang jauh berbeda.

Karena keunggulan bakso frozen ini, makanan khas daerah Malang ini memang cocok dijadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah, apalagi jika keluarga di rumah sangat banyak memang membutuhkan bakso frozen yang banyak pula. Oleh karena itu, daripada membeli bakso biasa yang dibawa ke rumah yang akhirnya akan menjamur karena kelamaan, sebaiknya membeli bakso frozen saja yang dapat bertahan beberapa minggu atau bulan.

Baca juga: 5 Tips Wisata Murah dan Hemat

Semoga artikel mengenai oleh-oleh khas Malang ini bermanfaat bagi anda sebagai pembaca, mudah-mudahan anda mendapatkan oleh-oleh yang anda cari di Kota Malang ini.

tags: