Negara Yang Memiliki Senjata Nuklir Paling Mematikan di Dunia

Negara Yang Memiliki Senjata Nuklir | Mulai sejak AS meledakkan dua bom atom di Jepang pada th. 1945, jumlah hulu ledak nuklir dunia sudah bertambah secara tajam, yang mana nuklir adalah senjata pemusnah massal paling ditakuti oleh penduduk bumi.

Senjata Nuklir atau kerap dimaksud juga dengan Bom Nuklir atau Bom Atom adalah sebagai salah satu senjata pemusnah massal yang terdahsyat, daya ledaknya dapat memusnahkan sebuah kota. Negara Pertama yang menjalankan pengembangan serta ujicoba Bom Nuklir ini yaitu Amerika Serikat pada tanggal 16 Juli 1945. Pada tanggal 6 Agustus 1945, Amerika Serikat yang mempunyai Tehnologi Nuklir ini menjatuhkan Bom Nuklir Pertamanya di Kota Hiroshima Jepang yang menyebabkan 140. 000 orang terbunuh. 3 hari kemudian, tepatnya pada tanggal 9 Agustus 1945, Bom Nuklir yang ke-2 dijatuhkan di Kota Nagasaki Jepang yang menyebabkan kurang lebih 74. 000 orang terbunuh. Disebabkan serangan itu, Jepang menyebutkan kekalahannya pada Perang Dunia II serta menyerah pada sekutu tanpa ada prasyarat.

Diambil dari website “Federation of American Scientists (FES) ” yang diperbaruhi pada th. ini, jumlah keseluruhnya persediaan Senjata Nuklir didunia pada th ini yaitu kira-kira 15. 650 warhead (hulu ledak) yang dimiliki oleh 10 Negara.

Perlombaan dalam meningkatkan senjata nuklir pada kekuatan-kekuatan militer dunia sudah berlangsung mulai sejak 60-70 th. Dibawah ini adalah sepuluh negara yang sudah meningkatkan dan menyimpan senjata nuklirnya :

Rusia

Negara Yang Memiliki Senjata Nuklir

Rusia pertama kalinya menguji coba senjata nuklir pada th. 1949 dengan bom atom ” RDS-1 “. Rusia meningkatkan nuklir untuk menyeimbangi kelebihan Barat sepanjang Perang Dingin. Rusia mulai menguji coba bom hidrogen (bom atom dengan fusi hidrogen) pertamanya ” RDS-37 ” pada th. 1957.

Di periode lalu, Rusia juga mempunyai bom dengan daya ledak terkuat yang pernah diledakkan di muka bumi yakni Tsar Bomba. Saat sebelum Uni Soviet roboh, Rusia mempunyai 45. 000 hulu ledak nuklir. Dan sekarang ini jumlahnya telah mengalami penurunan menjadi 8. 500 berkenaan Traktat Non-Proliferasi Nuklir atau NPT, sedangkan yang aktif sejumlah 1. 740 buah.

Amerika Serikat

Negara Yang Memiliki Senjata Nuklir

Amerika Serikat merupakan negara pertama didunia yang mengembangkan senjata nuklir. Pengembangannya dikerjakan semasa Perang Dunia II bekerjasama dengan Inggris serta Kanada dalam Proyek Manhattan untuk berkompetisi dengan Nazi Jerman untuk menjadi yang pertama mempunyai senjata nuklir.

AS pertama kalinya meledakkan bom nuklirnya dalam eksperimen ” Trinity ” pada th. 1945. Tidak berselang lama, AS lalu menjatuhkan 2 bom nuklir untuk mengalahkan Jepang. Pada th. 1952, AS menguji bom hidrogen ” Ivy Mike “. Sekarang ini AS adalah negara yang paling banyak mempunyai hulu ledak nuklir aktif yakni 2. 150 buah.

Inggris

Negara Yang Memiliki Senjata Nuklir

Inggris pertama kalinya meledakkan bom nuklir pada th. 1952 dalam eksperimen ” Hurricane “. Sumber daya serta datanya banyak di ambil dari Proyek Manhattan, yang mana menjadi proyek hubungan kerja dengan Amerika Serikat.

Tujuan paling utama Inggris meningkatkan nuklir yaitu juga sebagai senjata pencegahan pada Rusia. Inggris tidak mau tergantung seutuhnya pada pertolongan AS, serta mau menjadi negara yang mempunyai nuklir sendiri. Sekarang ini Inggris mempunyai 160 hulu ledak nuklir aktif.

Prancis

Negara Yang Memiliki Senjata Nuklir

Prancis jalankan eksperimen nuklir pertamanya pada th. 1960 dalam suatu operasi yang dinamai dengan ” Gerboise Bleue. ” Dalam meningkatkan nuklir, Prancis jalankan riset sendiri dan mereka menggenjot pengembangannya pasca Krisis Suez pada akhir 50-an. Pengembangan nuklir Prancis ini dapat ditujukan untuk menjaga status Prancis juga sebagai salah satu kemampuan militer paling besar dunia, seperti Inggris, Rusia serta Amerika Serikat.

Pada th. 1968, Prancis menguji coba bom hidrogen pertamanya dalam operasi ” Canopus. ” Pasca Perang Dingin, Prancis melepaskan 175 hulu ledak nuklirnya, walaupun demikian Prancis sekarang ini masih tetap mempunyai 290 hulu ledak nuklir aktif.

China

Negara Yang Memiliki Senjata Nuklir

China mewaspadai ancaman Amerika Serikat serta Rusia. Eksperimen nuklir China pertama kalinya dikerjakan pada th. 1964 dalam operasi ” 596 “. Pengembangannya ditujukan juga sebagai senjata pencegahan pada Amerika Serikat serta Uni Soviet. Lalu pada th. 1967, China menguji coba bom hidrogen.

Seperti Rusia dan Amerika Serikat, China juga turut di tandatangani kesepakatan NPT, walau tak pernah meratifikasinya. China mengaku bahwa mereka mempunyai kebijakan ” not first-use “, yang bermakna memberi jaminan kemanan negatif bahwa China cuma bakal memakai nuklir saat musuh menyerang dengan bom pertama. Sekarang ini jumlah hulu ledak nuklir mencapai 250 buah sedangkan jumlah hulu ledak aktif tak di ketahui.

India

Negara Yang Memiliki Senjata Nuklir

Negara yang memiliki senjata nuklir selanjutnya yaitu India, pertama kalinya menjalankan eksperimen nuklir pada th. 1974 dalam operasi yang bernama ” Smiling Buddha “. Adalah eksperimen nuklir pertama India mulai sejak NPT mulai diberlakukan pada th. 1970.

India menampik seruan untuk menanggalkan senjata nuklirnya, serta bersikeras bahwa semua negara juga mesti melakukannya bila India melaksanakannya. India menampik NPT lantaran dinilai mendiskriminasi negara yang kaya nuklir serta negara yang miskin nuklir.

Pada akhir 80-an, di ketahui India mempunyai 24 hulu ledak nuklir yang bisa diantar lewat udara. Pada th. 1998, sebagian hulu ledak nuklir diuji coba dalam suatu operasi yang dimaksud ” Shakti “. Berlangsung di th. yang sama waktu Pakistan menguji senjata nuklir pertamanya dalam operasi ” Archrival. ” Sekarang ini India mempunyai 90-100 hulu ledak nuklir, sedangkan jumlah hulu ledak nuklir aktif tak di ketahui.

Israel

Negara Yang Memiliki Senjata Nuklir

Israel dikira sudah mempunyai senjata nuklir mulai sejak th. 1967, tetapi senjata itu dinilai masih tetap kasar serta belum pernah diuji coba.

Pada th. 1979, Israel dipercaya sudah menjalankan eksperimen nuklir di Samudera Hindia bekerja bersama dengan Afrika Selatan.

Mordechai Vanunu, seseorang teknisi yang memilki fotografi serta perincian info tehnis perihal langkah memisahkan lithium-6, menyatakan bahwa program senjata nuklir Israel diawali pada th. 1986. Memisahkan lithium-6 adalah langkah kunci untuk menghasilkan tritrium, yang mutlak dalam pengembangan bom fisi fusion-boosted. Sekarang ini Israel mempunyai 80 hulu ledak nuklir.

Pakistan

Negara Yang Memiliki Senjata Nuklir

Tidak mau tertinggal dari tetangganya India, Pakistan mengawali program nuklirnya sendiri, yang dipercaya dibantu oleh China. Tetapi baru pada th. 1998 Pakistan menguji nuklirnya dalam operasi ” Chagai “. Sekarang ini Pakistan mempunyai 100-120 hulu ledak nuklir dan selalu berupaya menaikkan stoknya.

Korea Utara

Negara Yang Memiliki Senjata Nuklir

Korea Utara ikut di tandatangani di NPT, namun kemudian menarik diri pada th. 2003. Dipercaya, Korea Utara pertama kalinya melaksanakan eksperimen nuklir pada th. 2006. Amerika Serikat membenarkan hal semacam ini, walau menganggapnya gagal. Sekarang ini Korea Utara diprediksikan mempunyai kurang dari 10 hulu ledak nuklir.

Negara Lain
Jerman, Belgia, Kanada, Yunani, Italia, Belanda serta Turki yaitu negara-negara anggota NATO. Lantaran senjata nuklir NATO bisa di ” share ” ke negara sekutu yang lain, sebagian di antara negara itu dipercaya menyimpan senjata nuklir yang disiapkan oleh Amerika Serikat.