Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan

Saturday, August 8th 2015. | Manfaat Daun

Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan | Daun pepaya pasti sudah bukanlah suatu hal yang asing lagi di telinga kita. Daun pepaya di kenal dengan rasanya yang pahit serta enggak enak. Tetapi, siapa yang menduga bahwa kegunaan daun pepaya untuk kesehatan sangat banyak. Kira-kira faedah apa sajakah yang dapat Kita peroleh dari daun yang terasa pahit ini? Di bawah ini nantinya anda akan mendapatkan beberapa manfaat kesehatan dari daun pepaya yang bisa Anda dapatkan bila mengonsumsinya.

Tapi sebelumnya kita cari tau dulu apa itu pepaya dan dari mana asalnya ? Pepaya adalah buah yang banyak tumbuh di negara-negara tropis seperti Indonesia. Rasa buahnya yang manis membuat banyak orang-orang yang tertarik pada buah ini. Lantaran banyak permintaan dari pasar untuk buah yang satu ini, banyak petani yang berganti dari tanaman lain ke tanaman buah pepaya. Selain langkah penanamannya yang cukup gampang, harganyapun juga cukup berkompetisi. Hal itulah yang kemudian membuat sebagian petani jadi lebih bersemangat.

Sedangkan menurut wikipedia, pepaya (papaya Carica L.) awalannya datang dari meksiko bagian selatan dan utara Amerika Serikat, dan saat ini tumbuh menyebar diwilayah tropis untuk di ambil buahnya. Papaya merupakan buah yang fresh serta manis, saat ia telah masak. Tetapi buah pepaya mentah juga biasa dimasak untuk sayur, sesaat daun pepaya muda juga banyak dikonsumsi juga sebagai sayur. Tidak cuma itu, bagian akar, pepaya muda, kulit pepaya, daun pepaya juga diakui bisa digunakan untuk penyembuhan penyakit. Terdapat beberapa type kultivar pepaya, serta masing masing bisa mempunyai struktur, aroma, ukuran, rasa, bahkan juga daun yang tidak sama. Sebagian type kultivar pepaya yang ada contohnya, pepaya bangkok, pepaya thailand, pepaya meksiko dan lain-lain. Dan biasanya ketidaksamaan ini berdasar pada darimana ia berasal/dibudidayakan.

Manfaat Daun Pepaya
manfaat daun pepaya

Seperti yang diterangkan di atas, bahwa daun pepaya dapat dipakai dalam hal penyembuhan alami tradisional. Bagaimanakah langkahnya, serta untuk penyembuhan penyakit apa sajakah daun pepaya?, berikut marilah kita kaji.

Menambah Nafsu Makan
Nyatanya bukan cuma temulawak saja yang bisa menunjang menambah nafsu makan dikarenakan ternyata daun pepaya dapat juga menambah selera makan. Untuk menangani permasalahan nafsu makan, Anda bisa mencampurkan daun pepaya fresh dengan garam serta air hangat. Kemudian, tumbuk daun pepaya sampai halus dan saring airnya. Minum air saringan tersebut .

Menyembuhkan Nyeri Haid Pada Wanita
Untuk sebagian wanita yang tengah dalam siklus menstruasi dan kerap mengalami rasa nyeri waktu haid, Anda bisa mencoba ramuan tradisional yang terbuat dari daun pepaya. Langkahnya, campur satu lembar daun pepaya yang masih mentah, garam, serta asam jawa. Kemudian rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa cuma setengahnya saja. Kemudian saring dan minum air ramuan itu sepanjang masa haid.

Memperlancar Pencernaan
Untuk Anda yang mengalami masalah pencernaan, Anda bisa konsumsi daun pepaya yang telah di rebus. Anda bisa membuatnya juga sebagai pecel atau memproses daun pepaya itu menjadi tumis untuk memperoleh fungsi daun pepaya untuk menangani permasalahan pecernaan.

Menyingkirkan Jerawat
Untuk Anda yang tengah mengalami permasalahan dengan jerawat, daun pepaya ternyata dapat juga berguna untuk menyingkirkan jerawat di muka dengan cara alami. Langkah menyingkirkan jerawat dengan daun pepaya juga paling gampang yakni ambillah dua lembar daun pepaya yang telah tua. Jemur selama beberapa jam dibawah cahaya matahri dan tumbuk daun tersebut . Waktu ditumbuk, Anda bisa mencampurkan sedikit air hangat supaya lebih gampang hancur. Kemudian, berikan ramuan daun pepaya itu dibagian muka yang berjerawat. Biarlah selama 30 menit lalu bersihkan muka dengan air bersih, pasti jerawat di muka akan berangsur hilang.

Menghambat Kanker
Salah satu kegunaan daun pepaya yaitu dapat menghambat penyakit kanker, penyakit yang hingga sekarang ini paling susah sembuh. Yakin atau enggak, konsumsi daun pepaya yang telah dimasak ternyata bisa melawan penyakit kanker. Hal semacam ini dikarenakan daun pepaya menyimpan getah putih yang disebut zat anti kanker. Oleh karenanya, bila Anda enggak mau tersentuh kanker, ini waktunya untuk mulai rajin mengonsumsi daun pepaya.

Mengontrol Tekanan Darah
Untuk Anda yang menderita tekanan darah tinggi, konsumsi daun pepaya paling disarankan untuk Anda lantaran daun pepaya bermanfaat untuk mengatur tekanan darah didalam badan. Untuk memperoleh fungsi daun pepaya ini, langkahnya yaitu rebus lima lembar daun pepaya dalam 1/2 liter air. Kemudian, saring air rebusan itu serta tambahkan sedikit gula merah atau madu murni. Minum ramuan tersebut waktu masih tetap hangat.

Mengobati Demam Berdarah
Kandungan yang ada didalam daun pepaya diakui bisa mendukung mengobati penyakit demam berdarah. Untuk penyembuhan demam berdarah, langkahnya cukup campur lima lembar daun pepaya dan temulawak, meniran serta gula merah sesuai kebutuhan. Rebus beberapa bahan tersebut dan minum air dari ramuannya itu.

Memperlancar ASI
Untuk sebagian ibu yang tengah menyusui, enggak cuma daun katuk saja yang bisa menaikkan produksi asi lantaran daun pepaya ternyata dapat juga mendukung menambah produksi ASI dengan cara alami. Langkahnya, siapkan empat lembar daun pepaya yang masih muda. Tempatkan diatas api sampai daun layu. Kemudian, tempelkan daun pepaya selagi masih hangat diatas ke-2 payudara ibu dan bukanlah dibagian puting.

Menguatkan Tulang serta Gigi
Selain berguna untuk kesehatan pencernaan, konsumsi masakan daun pepaya dapat juga mendukung menguatkan tulang serta gigi. Kandungan alami didalam daun pepaya bisa membuat gigi menjadi lebih sehat serta kuat.

Demikianlah sebagian manfaat daun pepaya untuk kesehatan. Selain berguna didunia kesehatan, daun pepaya juga kerap dipakai untuk membantu mengempukkan daging yang keras yakni lewat cara membungkus daging mentah dengan daun pepaya saat sebelum dimasak.

tags: